. .

Agenda Kegiatan

February  2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28  

Arsip

Jajak Pendapat


Statistik Kinjungan

Kunjungan Hari Ini : 6

Total Kunjungan : 4456

Pengunjung Online : 0

Kunjungan Sejak : January 30, 2012

Pembukaan Pendidikkan Dasar Mental Disiplin Praja (Diksar Mendispra) IPDN Tahun 2010

(Cipatat, 20 September 2010).  Sebanyak 1500 orang Muda Praja IPDN mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Dasar Mental Disiplin Praja (Diksar Mendispra) yang diipimpin oleh Komandan Pusenif/Pusdikif bertempat di lapangan Pusenif/Pusdikif Cipatat Cimahi. Diksarmendispra yang akan dilaksanakan selama tiga minggu (22 hari) merupakan salah satu tahapan kegiatan pengasuhan dalam rangka membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai Kepamongan bagi Muda Praja IPDN, antara lain : nilai-nilai iman dan taqwa, kepedulian dan pengabdian, kualitas dan integritas, kerjasama dan disiplin serta loyalitas terhadap almamater.

Inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa : Program semacam ini sangat tepat sebagai bekal awal sebelum mengikuti perkuliahan, para Muda Praja IPDN mendapat pendidikan dasar mental dan disiplin. Diksar Mendispra ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena program kurikulum IPDN yang harus diikuti oleh para Muda Praja tidak ringan dengan kurikulum terpadu antara pengajaran, pelatihan dan pengasuhan, sehingga sangat membutuhkan kesiapan fisik dan mental serta keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional dan mental spiritual serta kesemaptaan jasmani. Selain itu, profesi yang akan diemban nanti setelah kuliah di IPDN adalah sebagai angkatan muda Pamong Praja untuk mengayomi dan melayani kepentingan masyarakat serta mengabdi kepada bangsa, negara dan tanah air.

Melalui Pendidikan Dasar Mental Disiplin Praja, para Muda Praja diharapan akan lebih siap untuk mengikuti program perkuliahan dan memiliki militansi yang tinggi, yaitu sikap mental yang tidak mudah menyerah, penuh dedikasi, disiplin dan kreatif serta inovatif, disamping memiliki kesiapan fisik yang prima. Sikap mental yang demikian harus dimiliki dan dipupuk dari sekarang agar para muda praja berhasil dalam menyelesaikan kuliah dan mampu menjadi Pamong Praja yang cerdas, berdisiplin dan profesional serta proporsional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai bidangnya.

Perlu dipahami bersama bahwa salah satu tahapan pendidikan yang harus dilalui oleh para Muda Praja pada awal perkuliah di IPDN adalah mengikuti Pendidikan Dasar Mental dan Disiplin Praja sekarang ini. Pelaksanaan Diksar Mendispra yang dilaksanakan ini, bukan bermaksud militerisme ataupun militerisasi terhadap Muda Praja IPDN, namun merupakan upaya institut untuk menanamkan nilai-nilai disiplin, sikap patriotik, membentuk kepribadian yang jujur dan tidak mudah menyerah, memupuk rasa kebersamaan serta sikap mental yang positif dari lingkungan kehidupan militer sebagai bekal awal dalam mengikuti masa perkuliahan yang disiapkan sebagai Pamong Praja.

Sebagai calon kader aparatur negara yang profesional, para Muda Praja dituntut untuk lebih memiliki kepekaan sosial. Sikap mental ini perlu ditumbuhkan sejak sekarang, mengingat profesi Pamong Praja akan sangat banyak bersentuhan dengan pelayanan publik. Bahkan semua tugas kepamongan adalah untuk melayani kepentingan masyarakat dan ingat bukan untuk dilayani oleh masyarakat. Tugas ini perlu dipahami sejak dari sekarang agar nantinya tidak salah arah dalam menjalani profesi sebagai aparatur pemerintah yang semua tugasnya diperuntukan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Diakhir sambutannya ditegaskan, bahwa bangsa dan negara saat ini sangat membutuhkan aparatur yang bersih dan berwibawa atau Pamong Praja yang berkualitas, tidak saja dalam hal kemampuan intelektual yang cerdas, tetapi juga memiliki moralitas yang jujur, bersih dan komitmen terhadap tugas untuk kepentingan bangsa dan negara. Tugas ini salah satunya menjadi tanggung jawab moral yang harus diemban oleh para Muda Praja di kemudian hari. Oleh karena itu, agar para Muda Praja IPDN ini bisa menjadi kader pemerintahan yang berkualitas guna memajukan kesejahteraan rakyat. Ini semua bisa diwujudkan apabila para Muda Praja bisa memiliki dedikasi terhadap tugas, disiplin dalam bekerja dan memiliki sikap mental sebagai Pamong Praja yang profesional dalam rangka mewujudkan Good Governance (pemerintahan yang baik).

Hadir pada acara tersebut diantaranya Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum  Bapak Dedy Riandono mewaili Rektor IPDN, Kepala Biro Administrasi Akademik, perencanaan dan Kerjasama, Kepala Biro Adum dan Kepala Biro Bidang Kemahasiswaan serta undangan lainnya.

Sumber : – Humas IPDN
Last update : Admin (2010-09-210, 5:25:54)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>